Selasa, 18 Maret 2014

PENGELOLAAN USAHA


Pemasaran (marketing) adalah :suatu proses manajerial dan
social dengan mana individu dan kelompok dapat memuaskan 
kebutuhan mereka melalui pertukaran sesuatu yang bernilai. 
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) adalah : serangkaian
variabel yang dapat di kendalikan dalam melaksanakan aktivitas
pemasaran (4P), yaitu :
1.        Product (produk)

2.        Price (harga)

3.        Place (Tempat/saluran distribusi)

4.        Promotion (promosi)

Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan dan dapat memuaskan
kebutuhan konsumen. 
Klasifikasi produk :
A.Produk konsumen (Consumer product) : produk yang dipakai
(Dikonsumsi)oleh individual/rumah tangga dan tidak akan di gunakan
untuk menghasilkan produk lain atau dijual kembali.
Berdasarkan prilaku pembelian konsumen, produk konsumen dapat di
golongkan menjadi :
1.   barang kebutuhan sehari-hari (convenience goods) adalah : 
produk prekuensi pembeliannya tinggi, harganya tidak mahal
tanahnya sedikit membutuhkan usaha/pertimbangan dalam
membuat keputusan pembelian. Contoh : Sabun, beras, minyak.
Convenience goods dapat dibagi menjadi :
Ø Staples (bahan-bahan pokok) barang-barang yang rutin di beli 
tampa banyak pertimbangan.
Ø Impulse goods adalah : barang-barang yang di beli tampa ada
 perencanaan sebelumnya.
Ø Emergency goods (barang-barang mendesak) adalah : barang-
barang yang mrndesak dan segara harus di beli.

2.   Barang belanjaan ( shopping goods) adalah : barang-barang yang

   membutuhkan berbagai perbandingan/pertimbangan dan

   pembeliannya. Contoh sepatu, kemeja.

3.   Barang khusus (specialility goods) adalah : barang yang

   mempunyai keunikan dan konsumen tertentu berupaya keras

   untuk membelinya.

4.   Barang tidak di cari (unsought goods) adalah : barang-barang
   yang di ketahui/belum di ketahui oleh konsumen tentang 
   barangnya, tetapi belum ada ke inginan untuk membelinya.
B.Produk Industrial (Industrial Goods) adalah : barang-barang yang
  digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan maupun untuk
  menghasilkan produk lain.
·      Instalasi (intallations) adalah :barang-barang modal yang dapat di

   gunakan dalam jangka waktu yang lama dan mengalami 

   penyusutan beberapa tahun. (gedung, pabrik)

·      Peralatan tambahan (accessory equipment) adalah : barang-

   barang modal yang berjangka waktu pendek dan digunakan dalam

   kegiatan operasional/produksi. (computer, mesin listrik)

·      Bahan baku (row material) adalah : barang-barang yang di 

   gunakan untuk menghasilkan produk akhir. (besi, kayu, kapas)

·      Material dan suku cadang (component part and materials) adalah

   barang-barang yang belum diproses sebagai produk akhir.(baterai,

   busi, karburator)
·      Persediaan (supplies) adalah : barang-barang yang digunakan

   dalam kegiatan operasional dan merupakan pengeluaran yang

   tidak menjadi bagian produk akhir.

·       Pemeliharaan (maintenance)

·      Perbaikan (repair)

·      Perbekalan/persediaan operasi (operating supplies)

B.  Price (Harga) adalah : nilai tukar produk yang dinyatakan dalam
    satuan uang.

Jenis-jenis Potongan harga (Discount Price) :
  • Potongan kuantitas (Quantitiy Discount) : potongan harga yang diberikan atas pembelian produk dalam jumlah yang lebih banyak.
  • Potongan kumulatif (Cumulative Discount) : potongan harga yang diberikan atas pembelian produk yang memenuhi target pada priode tertentu.
  • Potongan tunai (cash discount) : potongan harga yang di berikan atas pembayaran hutang yang tepat waktu atau sebelum jatuh tempo.
  • Potongan dagang (Trade Discount) : potongan harga atas partisipasi pedagang dalam membantu perusahaan/produsen melaksanakan aktivitas pemasaran.
  • Potongan musiman ( Season Discount) : potongan harga pada musim-musim tertentu.

C. Place (distribusi) adalah : perpindahan produk dari produsen ke
  pemakai industri dan konsumen.
Dalam menyalurkan produk, produser perlu mendapatkan 
bantuan/dukungan dari lembaga perantara/pialang/middlemen.
Ada beberapa lembaga perantara yang dapat ikut membantu produsen, yaitu :

1.   Pedagang Besar (Wholeseller) : pedagang yang memasarkan 

   produk dalam jumlah produk yang lebih banyak dan tidak 

   berhubungan langsung dengan konsumen akhir.

2.   pedagang Eceran (Retailer) : pedagang yang memasarkan produk 

   yang jumlah lebih sedikit dan berhubungan langsung dengan 

   konsumen akhir.

3.   Agen (Agent) : Individu/lembaga yang mempertemukan penjual 
   dan pembeli dan mendapatkan balas jasa dalam bentuk komisi.
Bentuk-bentuk distribusi :
1.   Distribusi langsung (Direct Distribution) : penyaluran produk 

   yang tidak menggunakan jasa lembaga perantara.

2.   Distribusi tidak langsung (Inderect Distribution) :


D. Promotion (Promosi) adalah : serangkain usaha yang dilaksanakan 
untuk mempengaruhi konsumen agar memilki produk yang dihasilkan.
Tujuan promosi :
-memberikan informasi
-meningkatkan penjualan
-menstabilkan penjualan
-memposisikan produk
-membentuk citra produk
Bauran Promosi :
-iklan (advertiding)
-Promosi penjualan (sales Promotion)
-Publikasi (publicitas)
-penjualan pribadi (personal selling)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar